In your html page, add the snippet and call gtag_report_conversion when someone clicks on the chosen link or button. -->
top of page
Search

4 Alasan Malaysia jadi tujuan kuliah pelajar Indonesia

Kuliah di luar negeri udah bukan mimpi yang aneh lagi bagi pelajar Indonesia, mengingat semakin banyaknya cara yang memberikan kemudahan dalam menggapainya. Alasan malaysia jadi tujuan kuliah di Indonesia. Faktanya, menurut UNESCO, Indonesia menjadi negara dengan jumlah siswa yang berkuliah di luar negeri terbanyak kedua setelah Vietnam, yaitu sebanyak 59.225 siswa. 


Namun, yang seringkali menjadi perdebatan sebelum berkuliah adalah memilih negara tujuan studi yang tepat. Berdasarkan data dari laman resmi UNESCO, terdapat tiga negara yang menjadi favorit masyarakat Indonesia dalam menempuh kegiatan studi, yaitu Australia, Malaysia, dan Amerika Serikat. Di artikel sebelumnya kita udah bahas tentang mengapa harus berkuliah di Australia. Sekarang kita bahas 4 alasan malaysia jadi tujuan kuliah pelajar di Indonesia!


studyabroad, kuliah di Malaysia, kualitas pendidikan, bahasa pengantar, affordable, QS best student ranking 2023, unesco, global peace index 2023, pelajar Indonesia

Kualitas Pendidikan

Tahukah kamu? Faktanya, Kuala Lumpur masuk ke dalam QS Best Student Ranking 2023. Bahkan, Malaysia juga berada di peringkat ke-4 negara teraman se-Asia Pasifik menurut Global Peace Index 2023.  Malaysia merupakan salah satu negara di Asean yang kualitas pendidikannya telah diakui dunia dengan universitas dan jurusan yang beragam. Terdapat pula beberapa kampus Australia dan UK  yang membuka cabang di negara ini, sehingga kamu bisa mendapatkan ijazah dari universitas di UK dan Australia, hanya dengan berkuliah di Malaysia. Jadi, gak perlu ragu nih sama kualitas pendidikan universitas di Malaysia.


Bahasa Pengantar

Alasan utama banyaknya pelajar Indonesia memilih Malaysia sebagai negara tujuan kuliah adalah perbedaan bahasa dan budaya yang tidak terlalu signifikan, sehingga tidak terlalu sulit untuk beradaptasi. Namun, bahasa pengantar yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah Bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelajar internasional dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.


Budaya

Layaknya Indonesia, Malaysia juga merupakan negara multikultural yang memiliki banyak etnis. Keberagaman ini bikin kamu gak perlu khawatir akan adanya isu rasisme. Bahkan secara budaya, Malaysia tidak berbeda jauh dari Indonesia mengingat kuatnya budaya Melayu yang ada di Malaysia. Tentunya gak bikin kamu mengalami banyak culture shock nih.


Biaya yang Affordable

Kuala Lumpur dinobatkan sebagai destinasi kuliah paling terjangkau di Asia. Meskipun demikian, Malaysia punya kualitas pendidikan yang oke banget. Universitasnya juga menyediakan fasilitas yang lengkap buat mahasiswa. Selain universitas lokal yang keren, dengan adanya universitas asal Australia, UK, dan US yang membuka cabang di Malaysia, membuat kuliah di negara ini jadi lebih affordable jika dibandingkan dengan UK dan Australia, namun kita sudah bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang setara.

Comentários


bottom of page