In your html page, add the snippet and call gtag_report_conversion when someone clicks on the chosen link or button. -->
top of page
Search

Tips Jitu Mengerjakan IELTS Listening Test

IELTS yang telah didirikan sejak tahun 1989, hingga kini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi jika ingin berkuliah ataupun bermigrasi ke negara lain. So, buat kamu yang mau kuliah ke luar negeri, harus bisa memenuhi skor IELTS minimum dari institusi dan negara yang kamu tuju. Tes IELTS terdiri dari 4 bagian, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Tentunya skor dari masing-masing bagian tes akan mempengaruhi skor akhir yang disebut Overall Band Score. Pastikan kamu berhasil mengerjakan setiap bagiannya dengan baik yah! Berikut tips jitu yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan IELTS listening test!


tips jitu mengerjakan ielts listening test


1. Baca Instruksi di Setiap section!

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah membaca instruksi di setiap section. Biasanya menjelaskan apakah harus menjawab dengan words or numbers atau berupa pertanyaan pilihan ganda. Terkesan sepele, namun jika kamu menjawab pertanyaan tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan maka jawaban kamu akan dinyatakan salah. So, mulai sekarang jangan lagi coba-coba untuk skip bagian instruksi ya!


2. Baca Pertanyaan Sebelum Mendengar Audio

Sebelum audio diputar, pastikan kamu membaca pertanyaan yang telah tersedia. Kamu bisa melakukan teknik scanning dengan memperhatikan keyword yang ada pada pertanyaan. Sehingga ketika kamu mendengarkan audio, kamu bisa menemukan jawaban untuk setiap pertanyaan dengan tepat.


3. Memahami Variasi Aksen

Seperti yang kita ketahui, setiap orang memiliki aksen berbeda-beda, cobalah untuk memahami penyebutan kata dari berbagai aksen. Jika kamu sudah terbiasa mendengarkan penyebutan kata dari berbagai aksen, tentu kamu menjadi lebih mudah memahami audio pada saat mengerjakan tes.


4. Jangan Fokus Pada Pertanyaan yang Tidak Dapat Dijawab

Siapa nih yang suka stuck di satu soal karena gak bisa kamu jawab? Jangan ya gais ya! Ini bisa membuang waktu kamu dan bikin kamu kehilangan kesempatan untuk menjawab pertanyaan selanjutnya. Ingat, audio pada tes listening tidak bisa di pause, jadi audionya gak bakal nungguin kamu yang masih stuck di satu pertanyaan. Sebaiknya kamu lanjut ke pertanyaan selanjutnya terlebih dahulu. Jika masih ada cukup waktu, kamu bisa balik lagi ke pertanyaan yang belum terjawab. Jangan biarkan lembar jawaban kamu kosong, lebih baik tetap mengisinya karena jawaban yang salah tidak akan mengurangi skor.


5. Perluas Pengetahuan Terkait Sinonim dan Parafrase

Salah satu bagian yang paling tricky dalam tes listening adalah sinonim dan parafrase. Biasanya terdapat beberapa pertanyaan dengan pilihan jawaban yang menggunakan kosa kata sinonim. Jadi ketika mendengarkan audio, jangan berekspektasi kalau pilihan jawaban yang diberikan akan persis sama dengan kata-kata yang kamu dengarkan.  


6. Berlatih Multi-Tasking

Multitasking merupakan skill penting yang harus kamu kuasai sebelum melakukan tes IELTS. Ini akan sangat berguna ketika kamu melakukan tes listening, karena pada bagian ini kamu dituntut untuk mampu memahami, menentukan keyword dari pertanyaan yang diberikan, mendengarkan audio dengan seksama, dan menentukan jawaban pada saat yang bersamaan. 


7. Periksa Ulang Jawaban Ketika Sudah Selesai

Last but not least, setelah kamu selesai menjawab seluruh pertanyaan yang tersedia, kamu perlu memeriksa kembali lembar jawaban kamu. Pastikan kamu menulis dengan ejaan yang benar. Satu hal yang sering dilupakan peserta tes adalah memastikan penggunaan akhiran yang benar, apakah menggunakan -s atau -es pada kata yang digunakan untuk menjawab pertanyaan. 


Yuk dicatat dan diimplementasikan, agar kamu bisa capai overall band score yang kamu inginkan! Kalau kamu butuh feedback dan partner yang bisa bantu kamu berlatih, gas persiapkan diri kamu bareng Yanks and Brits English Institute!


Hozzászólások


bottom of page